Gebyar Juara mengudara di MQFM Bandung

oleh Kikim Suhud Syamsul Hakim

Cimahi (27 Juni 2009), GEBYAR JUARA: SEKOLAH UNGGUL DAN MANDIRI Suara khas Rhoma Irama diiringi lagu dangdut dari Soneta Band menggema di lingkungan SD Juara di Gg. Mesjid, Kel. Melong, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi, hari Jumat kemarin. Tentu saja bukan Rhoma Irama sungguhan, melainkan sembilan siswa Kelas IV SD Juara Cimahi yang bernyanyi serta menggerakkan tubuh layaknya Rhoma Irama dan Soneta Band serta menamakan dirinya grup Zoneta.

Vokalis yang menirukan gaya Rhoma Irama, Muhammad Yusuf Qordhowi (10), mengatakan, sebenarnya dirinya tak mengenal penyanyi dangdut tersebut. Namun, setelah diberikan VCD penyanyi dangdut itu, dia langsung menyukainya. dan hanya membutuhkan waktu seminggu untuk berlatih. Menurut Wali Kelas IV SD Juara Hendi Munandar, pemilihan lagu Rhoma Irama itu karena penyanyi itu memiliki nilai dakwah dalam bernyanyi. Selain itu, Rhoma Irama memiliki ciri khas yang legendaris dalam bernyanyi. SD Juara yang merupakan sekolah binaan Rumah Zakat Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Nurul Islam ini, menutup akhir tahunnya dengan GEBYAR JUARA. Acara ini sudah dimulai sejak tanggal 18 Juni 2009 dengan GALAKSI (Gelar OLah Raga dan Aksi), dengan menggelar berbagai perlombaan, diantaranya: Futsal, bola tangan, baca ummi, tahfidz, adzan, puisi, bicara dan cerita, hitung cepat matematika, spelling bee, english contest, mengambar dan mewarnai. Puncak acara ditutup Jumat kemarin dengan Pentas Seni, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Parenting dan Pembagian Rapot Kenaikan Kelas. Selain aksi Rhoma Irama, Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala HRD RZI sekaligus Kepala SD Juara Cimahi tahun 2008 lalu, Muhammad Sobirin, Kepala Departemen Educare, Heni Widiastuti, Kepala RZI Kantor Cabang Cimahi, Reno Wisnu, Ketua Dewan Pembina Yanuri, KH.Bakhrul Hayat, Pengawas gugus Ahmad Yani, Bu Lilih serta tamu undangan lainnya, pentas ini diisi pula dengan nyanyian Juara Kids Voice, Rainbow Kids dengan nuansa pakaian adat, Puisi, dongeng BoTA (Boneka Tangan) dengan penyajian seperti wayang golek, Tari Saman Gembira, Tari Rebana dan Perkusi Juara. Selain itu, pentas seni dimeriahkan pameran kreasi siswa dengan berbagai bentuk dan kreasi. Berbagai aksi ini tak pelak mengundang senyum dan tawa penonton yang memeriahkan suasana. Sementara itu, pemeriksaan kesehatan Gratis yang ditujukan untuk 100 orang tua dan masyarakat sekitar, baru selesai jam 4 sore yang pelaksanaannya beriringan dengan parenting atau pertemuan dengan orang tua serta pembagian raport kenaikan kelas. Dalam sebuah testimoni yang disampaikan oleh orang tua siswa, Ummu Kia dalam rangkaian pentas, ia merasa sangat bangga menyekolahkan anaknya di SD Juara karena semenjak anaknyanya menjadi siswa SD JUara, telah terjadi perubahan yang luar biasa positif pada anaknya, baik hal akademis maupun kemandirian dan keagamaan.

Kepala SD Juara Arif Taat Ujiyanto mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperingati hari jadi SD Juara serta menutup akhir tahun dengan silaturahim akbar antara seluruh sivitas SD Juara dengan Donatur Rumah Zakat Indonesia dan masyarakat sekitar. Tahun pelajaran 2008/2009 ini, seluruh siswa SD Juara Cimahi lulus dengan rata-rata di atas 86 serta 95% siswanya melampaui nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah. Menurut Arif, sekolah yang didirikan oleh Rumah Zakat Indonesia itu sama sekali tak memungut biaya dari siswanya alias gratis. Sekolah yang berumur setahun itu, kini memiliki empat tingkatan mulai dari kelas I sampai dengan kelas IV. Di tahun ajaran baru sekolah yang bervisi “Sekolah Generasi Unggul dan Mandiri” ini, akan bertambah satu kelas dengan jumlah siswa seluruhnya sebanyak 105 siswa. Dalam kegiatan sehari-hari, SD Juara menerapkan konsep Multiple Intelegences dengan kurikulum KTSP plus program pembelajaran al-Quran lebih dari 7 sam pelajaran sepekan.

Selain itu kegiatan ekskul yang bisa menyalurkan berbagai kecerdasan juga mewarnai sekolah yang didirikan Rumah Zakat Indonesia termasuk di SD Juara lain yang telah didirikan. Saat ini RZI telah mendirikan 8 sekolah Gratis berkualitas di berbagai kota di Indonesia: Bandung, Cimahi, Jakarta, Pekanbaru, Jakarta Selatan, Yogyakarta, Medan dan Surabaya. (News ini disiarkan di MQ 102,7 FM hari Sabtu, 27 Juni 2009 pada acara Risalah Pagi jam 06.57-07.02 oleh Suhud Al Hakim).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s