Lintang “Laskar Pelangi” dari Cimahi

Oleh Yudi Juliana

Cimahi Mandiri (7 mei 2009), Kehadiran orang tua di tengah-tengah keluarga, bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya seorang anak. Baik dan buruknya anak tergantung cara mendidik yang awali dari lingkungan keluarga. Tidak halnya dengan Kartini S Bakar (12), siswi yang biasa disapa Kartini ini, punya kelebihan dibanding anak-anak yang lainnya.

Putri pertama dari 4 bersaudara ini, sudah lama ditinggal ibunya karena wafat. Ditanah kelahirannya, Amupura Nusa Tenggara Timur ia tinggal bersama ayahnya yang sering ditinggal hingga berhari-hari lamanya. Ayahnya yang berprofesi seorang nelayan mengharuskan Kartini mengurusi adik-adiknya. Mengingatkan kita akan tokoh Lintang dalam cerita Laskar Pelangi.

Keinginannya untuk merantau, ia sampaikan kepada pamannya yang sudah lebih dulu bolak balik Jawa-NTT. Bahkan kartini menangis sejadi-jadinya ingin ikut menapaki kakinya di tanah Jawa. Entah bagaimana ceritanya Kartini bisa sampai di Bandung dan sempat menjadi pengemis di pusat kota. Hingga akhirnya ia diangkat menjadi anak angkat oleh seorang dermawan Tn. Badri dan ditampung di rumah miliknya yang menjadi Panti Asuhan Yayasan Qolbu Salim, pharmindo Cimahi Selatan. Dan akhirnya ia bisa duduk di bangku Sekolah SD Juara Cimahi.

Karena sudah lama tidak menginjakan kaki di sekolah, Kartini sedikit terhambat dengan masalah akdemiknya. Namun ia yang sekarang duduk di bangku kelas 4 ini, punya kelebihan pandai dan cepat menghapal, didikan sang kakek di tanah kelahirannya yang mengajarkannnya menghapal al-Quran masih ia ingat dengan jelas.

Dengan kelebihannya ini, Kartini bisa meraih dan mengangkat tropi juara ke- 3 lomba tahfidz al-Quran se-Bandung Raya. Ini menjadi catatan tersendiri bagi Kartini,sebelumnya Kartini tidak pernah merasakan manisnya prestasi, jangankan juara ke-3 ikutan lomba pun baru kali ini ia ikut serta. Catatan terindah serba pertama, pertama ikut lomba, pertama kali meraih tropi, dan menjadi siswi pertama yang menyumbangkan piala buat Sekolahnya, SD Juara Cimahi. (yud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s