Lomba Kreasi bekal mananan siswa berbahan non beras yg sehat dan bergizi

IMG01197-20130124-0954 (9)
oleh Ivan Supangat, (29-1-2013)

Dalam rangka memperingati hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari 2013, SD Juara Cimahi mengadakan kegiatan pembekalan seputar gizi dan lomba membuat makanan non beras yang sehat dan bergizi.

Siswa SD Juara Cimahi yang berjumlah 150 orang berkumpul untuk mendengarkan dan menyimak penyampaian informasi seputar jajanan yang sehat dan bergizi. Beberapa siswa sempat terheran-heran ketika mendengarkan penjelasan dari pemateri bahwa di beberapoa makanan jajanan yang beredar ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan/pembentukan “Dokter kecil” yang terdiri dari 6 siswa dari perwakilan kelas. Pelantikan dilakukan secara simbolis dengan penyerahan Stetoskop dari Cita Sehat Foundation (CSF) kepada perwakilan siswa. Dokter kecil dibentuk dengan tujuan agar mereka dapat menjadi Duta Sehat & bergizi kepada sesama siswa di lingkungan sekolah. Mereka akan menjadi contoh bagaimana hidup yang sehat dan membiasakan makan dengan makanan yang bergizi dalam keseharian.

Kegiatan yang paling ditunggu adalah lomba kreasi bekal makanan siswa berbahan non beras yang sehat dan bergizi. Terlihat para orang tua yang ditemani oleh anaknya berlomba membuat hidangan terbaik layaknya chef profesional uang biasa tampil di televisi. Tentunya keompkan antara anak dan orangtua terlihat di sini. Yang menjadi juri adalah para dokter kecil serta para siswa lain. Masing-masing mereka memiliki satu suara yang diwakili dengan satu kertas warna. Satu persatu para juri menilai dan setelah itu dilakukan pengumuman para juara untuk diberikan hadiah dari Sekolah berupa peralatan dapur seperti rantang, tempat makan (misting) dll. Seluruh makanan yang telah dibuat kemudian disantap oleh para siswa sebagai penutup dari keseluruhan kegiatan ini.

Hendi Munandara, selaku Ketua Panitia mengatakan, “kegiatan ini mendorong siswa agar dapat termotivasi untuk terbiasa makan makanan yang bergizi dan selain itu juga untuk mendukung program pemerintah maka bahan makanan nya pun menggunakan bahan non beras”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s