Operet Juara “Untung Disarung, Jawara Mapak Jomantara”

oleh Kikim Suhud Syamsul Hakim (24 juni 2010)

Diceritakan ada sebuah kerajaan makmur di tataran sunda. Kerajaan tersebut bernama JuaraWangi. Raja yang memimpin adaah raja yang dicintai rakyat karena bebijaksanaan dan kebaikannya. Sang Raja bernama Raja Tapa Agung Jawara. Namun sayang, diusianya yang senja, Raja belum memiliki anak laki-laki yang akan mewarisi tahtanya. Dia hanya memiliki seorang puteri yang bernama PurbaFitri.

Suatu hari Raja benar-benar gundah memikirkan penerusnya. Maka setelah bermusyawarah dengan permaisuri dan puterinya, diputuskan mengadakan sayembara dengan syarat wajib: cinta Allah dan Rosulullah, beribadah dengan benar setiap saat, berakhlak baik dimanapun berada … dst (Tekad Juara).

Selain itu ada persyaratan khusus: calon raja harus menguasasi ilmu MI dengan 8 jurus andalan, memiliki pasukan yang kuat, memiliki kendaraan hebat, gagah dan berwajah tampan.

Sang patih mengumumkan sayembara ini kepada seluruh rakyat JuaraWangi, sehingga berkumpullah banyak calon yang akan mengikuti perlombaan. Setiap calon menyerahkan sertifikat dari universitas juara tanda memenuhi syarat wajib. Namun saat dites syarat khusus, banyak peserta yang berguguran dan hanya tertinggal 1 orang dengan penampilan unik. Badanya kecil dan selalu menggunakan sarung. Orang itu bernama Untung Disarung. Semua persyaratan hampir terpenuhi, kecuali satu yaitu belum memiliki wajah yang tampan dan bertubuh kekar.

Lalu bagaimana akhirnya?

Itu adalah sebagian sinopsis dari Kisah Untung Disarung, Jawara Mapak Jomantara yang akan ditampilkan oleh siswa-siswa SD Juara Cimahi, hari Jumat 25 Juni 2010. Penampilan ini merupakan bagian dari acara Gebyar Juara, disamping penampilan lainnya: kaulinan, ensamble, perkusi, demonstrasi futsal, KIJ dan kreasi, pupuh, kawih, Jurso, dan penampilan lainnya yang bernuansa sunda.

Bagaimana kreasinya, saksikan saja langsung…. karena sang Jawara tidak akan pernah melupakan budaya sunda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s