Uji Publik Tahfidz Qur’an SD Juara Cimahi

oleh Ivan Supangat, (22 des 2010)

Cimahi Unggul & Mandiri

Cimahi, Dalam rangka mengasah kemampuan hafalan dan bacaan siswa, maka diadakanlah Uji Publik hafalan Juz ‘Ama dan tilawah Qur’an dalam hal tajwidnya. Kali ini siswa kls 6 yang berjumlah 12 orang yang di uji hafalan dan bacaan Qur’annya.

Uji Publik ini mengadopsi uji publik ala Al Hikmah Surabaya (tempat asal metode Ummi diterapkan) yaitu terdapat 2 sesi :

Sesi 1 : Uji bacaan Quran siswa, siswa kls 6 yang ada di depan, satu persatu di uji bacaan qurannya di depan khalayak ramai (Siswa & Guru). Mereka harus terampil dalam menjawab pertanyaan audience tentang cara baca dan hukum bacaan dari ayat yang dibacanya.

Sesi 2 : Uji Hafalan siswa, siswa kls 6 yang ada di depan, mulanya tasmi satu surat bersama-sama. Kemudian satu per-satu di uji oleh audience untuk meneruskan ayat dan atau menebak nama surat dari potongan ayat yang dibacanya.

Siswa kls 6 mengaku cukup gugup dikarenakan jarang sekali mereka diuji seperti ini. Maksud dari kegiatan ini adalah agar siswa lebih siap dalam mengemban amanah sebagai siswa yang memiliki predikat Hafidz juz 30 dan tartil dalam tilawah, baik dalam shalat sendirian atapun menjadi imam, baik dalam tilawah sendiri ataupun di khalayak ramai dan yang utama adalah agar dapat menjadi bagian dari generasi Qur’ani. Insya Allah.

Insya Allah, pada akhir tahun ajaran nanti, uji publik kls 6 akan dihadiri oleh para orang tua siswa dan tamu undangan lainnya sebagai bentuk pertanggung jawaban pengajaran Qur’an di SD Juara Cimahi.

Do’akan Kami. Kami akan berusaha.

Bisa 3x. Paaaaaaaaaaaaaaaasti bisa. Allohu Akbar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s