WANARA 2011, Kembali ke Desa

oleh Suhud Syamsul Hakim, (22 des 2011)

Salah satu program tahunan SD Juara Cimahi adalah WANARA (Wahana Kreasi dan Apresiasi Juara) yang biasanya pengembangan dari ekskul Pramuka. Namun untuk tahun ini program WANARA dibuat lebih berbeda dengan proporsi pramuka yang jauh lebih sedikit. Sementara nilai-nilai karaker lebih diperkuat dalam konten acara.

Konsep utama WANARA tahun ini adalah Juara Kembali ke Desa dengan “Lebih Mandiri, Berprestasi dan Bercitra Diri”. Seluruh konsep dan perangkat dibuat sedemikian rupa menyerupai kehidupan pedesaan dengan segala keterbatasan dan keunikannya. Misalnya dengan sebuat abah, aki, nini, bibi, ujang, nyai, kades, pak RT, sesepuh, sampurasun, jeung sajabana.

Dalam hal kemandirian tentu saja buakn hal yang aneh, intinya setiap siswa akan berusaha menunaikan segala kewajiban dan keinginan secara mandiri, tidak bergantung pada orang lain (Tekad Juara poin 9). Bentuk kegiatannya dengan pendirian tenda, masak dan kebutuhan lainnya yang benar-benar mandiri.

Nilai prestatif diterapkan sebagai pre-launching konsep CHAMPIONSHIP yang diberlakukan di SD Juara Cimahi. Siswa tidak akan mendapatkan fasilitas kemah secara cuma-cuma. Tetapi mereka harus merebut prestasi yang berbuah poin serta bisa ditukar dengan barang-barang kebutuhan mereka (misal: bahan masakan dan sebagainya)

Nilai citra diri bermaksud menyadarkan kembali kita semua tentang siapa kita. Kita adalah manusia pilihan, kita adalah muslim, kita adalah juara, kita adalah hamba Allah, kita adalah anak dari orang tua. Maka segala sikap dan perbuatan akan mencerminkan siapa diri kita. Maka penguatan jasadiyah, fikriyah dan ruhiyah menjadi bagian kental dalam program ini.

Nilai ketiga ini beririsan juga dengan program Mother Day yang bertepatan dengan 22 Desember 2011. Apa bentuk kegiatannya? tunggu saja Bagian II yah…

Banyak harapan yang kami bangun dengan kegiatan ini… semoga Allah mudahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s